Recent Posts

The Walking Dead : Exciting, Boring, Exciting

The Walking Dead Season 4

Previously on AMC The Walking Dead.... Setiap minggu kita selalu mendengar kata-kata itu ketika memulai untuk menonton setiap episode The Walking Dead. Season 4 sudah selesai, dan kesan yang kudapatkan adalah series ini terkesan sengaja dipanjang-panjangkan. Banyak episode dan dialog-dialog yang tidak penting, mungkin memang sengaja dihadirkan untuk membangun hubungan antara penonton dan karakter, tapi hubungan itu tidak terjadi, setidaknya bagiku pribadi. 

Season ini dibagi menjadi 4 bagian, bagian pertama kita disajikan kehidupan penjara setelah penduduk Woodbury yang meninggalkan kediaman mereka dan ikut pindah ke penjara. Setelah beberapa lama hidup dalam kedamaian, memulai rutinitas sehari-hari, bercocok tanam dan beternak untuk bahan makanan, kehidupan mereka mulai terganggu lagi. Munculnya penyakit menular di dalam lingkungan penjara menjadi ancaman sendiri. Kematian karena penyakit tentu akan mengubah orang tersebut menjadi walker. Sementara itu keberadaan walker di luar gerbang pun semakin banyak dan gerbang semakin rapuh. Rick dkk mendapat ancaman walker dari luar penjara dan penyakit mematikan dari dalam penjara sendiri. 

Setelah bagian pertama selesai, bagian kedua menceritakan tentang kebangkitan Governor. Governor yang sudah ditinggal para pengikutnya mengembara sendiri, menghindari para walker dan terlihat seperti orang yang tidak punya motivasi untuk hidup. Singkat cerita, ia ditemukan dan ditolong oleh suatu komunitas survivor yang ternyata di dalam komunitas itu terdapat mantan anak buahnya. Governor sukses memanipulasi mereka dan membuat semua orang mengikuti dia demi satu ambisi, mengambil alih penjara yang sekarang ditinggali oleh Rick dkk. Penyerangan dimulai, Governor menyandera Hershel dan Michonne yang sedang bertugas di luar penjara. Governor memaksa Rick dkk untuk keluar dari penjara dan menyerahkannya kepadanya. Negosiasi berjalan alot dan Governor membunuh Hershel dengan kejam. Peperangan terjadi, meskipun Rick dkk baru terkena musibah penyakit, mereka dengan susah payah berhasil melawan dan menghabisi semua pengikut Governor. Pada akhirnya Governor tewas ditangan salah satu pengikutnya sendiri, walker yang menerjang masuk ke penjara membuat penjara sudah tidak bisa ditinggali lagi, tim Rick pun melarikan diri dan berpencar. 

Bagian ketiga, tim Rick yang berpencar mendapatkan porsi per episode secara terpisah. Bagian ini lebih banyak menceritakan konflik batin yang dialami masing-masin orang setelah peperangan dan kembali berusaha hidup di jalan. Glenn yang terpisah dari Maggie dan berusaha untuk mencarinya bertemu dengan Abraham, Eugene dan Rosita. Abraham menginfokan bahwa Eugene mengetahui apa yang menyebabkan Zombie Apocalypse ini dan harus segera melaporkannya ke Washington. Oleh karena itu mereka sedang dalam misi membawa Eugene ke Washington ketika ia bertemu Glenn di jalan. Seiring perjalanan, mereka menemukan sebuah peta yang mengajak para survivor untuk segera ke Terminus. Map itu tertulis ‘Terminus, Sanctuary for all, community for all.’ Tergoda akan kata-kata tersebut ditambah kehidupan mereka yang semakin tidak menentu di jalanan, akhirnya mereka berjalan menuju Terminus. 

Bagian keempat, Maggie, Bob dan Sonya yang sudah berhasil bertemu dengan Glenn, Abraham, Eugene dan Rosita memutuskan untuk pergi ke Terminus sambil berharap mereka akan menemukan lagi teman-temannya yang terpisah. Sementara itu, Rick, Carl dan Michonne kembali bertemu dengan Daryl namun pertemuan tersebut harus melibatkan sekelompok orang yang mengincar Rick. Mereka berhasil menahan Carl dan menyiksanya, Rick yang mulai kehabisan kesabaran melihat Carl disiksa di depan matanya mulai membunuh sekelompok orang tersebut dengan membabi buta. Rick dkk berhasil menemukan Terminus, namun Rick yang sangat berhati-hati masuk ke dalam Terminus melalui halaman belakang dan menyelinap ke dalam. Setelah bertemu pemimipinnya dan mendapatkan penjelasan, mereka diantar lagi ke depan di mana mereka diberikan makanan. Namun Rick kemudian melihat bahwa para penghuni Terminus memiliki atribut –atribut yang seharusnya dimiliki oleh teman-temannya sewaktu di penjara dan hal ini pun membuat dia menjadi curiga. Pada akhirnya ia mencoba untuk lari namun gagal karena dikepung senjata dari segala arah. Mereka akhirnya dimasukan ke dalam sebuah container dimana mereka bertemu dengan Glenn dkk. Rick yang masih dalam keadaan emosi tinggi memandang ke luar container, tatapan matanya seakan-akan memberikan makna bahwa ia sudah siap apabila harus menghabisi komunitas ini dan menyatakan bahwa... they’re screwing with the wrong people. 

Episode pertama tentu saja membuat kita exciting. Kembali melihat kehidupan Rick, dkk setelah season lalu adalah hal yang fans tunggu. Namun alur cerita terlihat berjalan sangat lambat. Bahkan mereka memberikan 2 episode full hanya untuk membahas sang Governor. Menurutku itu hanya buang-buang episode, beberapa episode terlihat sangat membosankan. Alur baru kembali menarik lagi beberapa saat sebelum break. Namun setelah break, tim Rick yang terpencar-pencar dan diberikan 1 episode khusus hanya untuk menceritakan masing-masing orang menurutku seakan-akan hanya sengaja memanjangkan episode. Alur baru kembali menarik lagi beberapa saat sebelum season finale. Terminus menjadi klimaks season ini, dan kalau memang masih mengikuti komiknya maka saat ini bisa diasumsikan bahwa kelompok Terminus adalah kelompok orang kanibal, dimana mereka memakan manusia untuk bisa bertahan hidup. Dan bagi yang membaca komiknya, tentu tahu bagaimana nasib mereka.
Tim Kanibal VS Tim Rick (comic version)

The Walking Dead : Exciting, Boring, Exciting The Walking Dead : Exciting, Boring, Exciting Reviewed by Steven on April 10, 2014 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.