Recent Posts

Skripsi

Baru selesai bikin kuisioner untuk skripsi. Setelah sekian lama aku mulai jarang menulis di blog karena disibukan oleh skripsi. Padahal masih belum masuk kuliah.

Skripsi di Binus terdiri dari 3 orang dalam 1 kelompok, namun sekarang aku merasakan kalau 3 orang saja masih kurang. Topik skripsi kelompokku adalah tentang game. Lebih tepatnya soal board game. Terinspirasi dari salah satu board game yang bernama Shogun yang pernah menduduki peringkat 1 tahun 2007 versi boardgamegeek, kami mencoba mendesain board game kami sendiri. Ya, dalam hal ini kami benar - benar membuat fisiknya dan diubah berulang - ulang sebelum nantinya diterapkan ke dalam web sehingga game ini bisa dimainkan oleh siapa saja dan di mana saja selama pemain terkoneksi ke internet.

Pada awalnya, kami, sama seperti kebanyakan orang yang mau menyusun skripsi, menemukan kesulitan tentang pemilihan topik yang menarik. Beberapa pertimbangan dipikirkan ketika sedang menentukan topik. Dan akhirnya kami mencoba untuk berkonsultasi ke jurusan mengenai topik - topik yang menarik yang bisa dijadikan skripsi. Kami mengajukan, lebih tepatnya menanyakan, apakah topik board game cukup menarik untuk dijadikan bahan skripsi. Pada saat itu, kajur kami terlihat cukup antusias mendengar penuturan kami, karena ia sendiri juga termasuk salah satu orang yang suka main game dan sudah membimbing beberapa mahasiswa yang menyusun skripsi dengan game sebagai topiknya. Dan kami disuruh untuk membawa board game tersebut untuk dicoba dimainkan. Dan dimulai lah petualangan kami untuk mencoba merancang sebuah board game yang bisa dimainkan secara online.

Dan sampai saat ini, beberapa hal yang masih harus aku kerjakan adalah :
1. Tracing peta
2. Desain logo (belum ada inspirasi)
3. Desain tiles
4. Analisis beberapa atribut dari komponen (semua hal harus ada alasannya)
5. Menyelesaikan membaca ebook yang berhubungan dengan skripsi
6. Analisis game sejenis (baru ketemu 1)
7. Ngurusin kuisioner

Aku akan mencoba mempublish dan berharap bagi siapapun yang sedang membaca blog ini mau setidaknya mampir untuk mengisi kuisioner yang sudah kami susun.


Skripsi Skripsi Reviewed by Steven on August 22, 2009 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.