Recent Posts

Archipelago 1492


Archipelago 1492 adalah sebuah game yang dirancang oleh aku dan kelompokku dalam proses penyusunan skripsi. Singkatnya, Archipelago 1492 adalah sebuah board game yang bertemakan catur yang dimainkan seperti layaknya monopoli.

Catur
Dalam catur kita memimpin sebuah kerajaan yang terdapat seorang raja, ratu, menteri dan prajurit - prajurit lainnya. Pemain akan saling beradu strategi untuk mengalahkan pemain lainnya. Tidak ada atribut - atribut lain seperti uang, bangunan, dll. Keseluruhan permainan dimainkan dengan pion - pion yang terdapat di atas papan dan setiap pion memiliki kelebihan masing - masing yang ditunjukkan dengan kemampuan pion tersebut bergerak.

Dalam Archipelago 1492, tema ini lah yang diangkat. Pemain akan berperan sebagai seorang raja dan memiliki prajurit yang bisa digerakkan. Pemain akan beradu strategi untuk mengalahkan pemain lain. Namun tidak seperti catur, dimana setiap pion memiliki sistem pergerakan yang sudah ditentukan, game ini memberikan kebebasan kepada pemain untuk menentukan bagaimana pemain akan bergerak.

Monopoli
Dalam monopoli, permainan diciptakan untuk dapat dimainkan lebih dari 2 pemain. Sehingga pemain harus berkompetisi dengan beberapa pemain lainnya. Monopoli memiliki beberapa komponen seperti uang, bangunan (rumah & hotel), kartu kepemilikan suatu daerah dan kartu kesempatan dan dana umum. Pemain akan bergerak memutari papan utama berdasarkan angka yang dikeluarkan oleh dadu dan berusaha untuk memiliki daerah dalam papan serta memakmurkan daerah kepemilikannya. Proses transaksi menjadi fokus utama dalam permainan ini sehingga pemain yang paling kaya adalah pemenangnya.

Archipelago 1492 juga memiliki komponen tersebut. Terdapat uang untuk proses transaksi, bangunan yang dapat dibangun pada satu daerah dan memberikan pengaruh dalam permainan, memperebutkan kepemilikan daerah serta event - event spesial yang bisa memberikan keuntungan maupun kerugian layaknya kartu kesempatan dan dana umum dalam monopoli. Tetapi, tidak seperti dalam monopoli dimana pergerakan pemain sangat bergantung pada faktor luck (dadu) game ini meminimalisir faktor luck dan benar - benar memaksa pemain untuk menunjukan skillnya.

Beberapa tambahan yang tidak ada di kedua game tersebut adalah adanya rakyat dalam setiap daerah dimana rakyat tersebut akan memberontak apabila pemain terlalu memerasnya. Hal ini membuat pemain tidak hanya bermain melawan pemain lain namun juga sistem (komputer) dalam game ini.

Singkatnya, Archipelago 1492 adalah sebuah game yang bertemakan perang (seperti catur) pada masa kerajaan dimana pemain akan berperan sebagai seorang raja dan menjalankan strateginya dengan menggunakan komponen - komponen yang ada (monopoli) untuk menjadi raja yang terbaik.
Archipelago 1492 Archipelago 1492 Reviewed by Steven on December 18, 2009 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.