Recent Posts

[Board Game] Power Grid


Power Grid

Sekitar seminggu yang lalu aku bersama teman - temanku mencoba untuk memainkan board game terbaruku berjudul Power Grid. Well ini bukan pertama kalinya kami memainkan game ini karena beberapa waktu yang lalu kami sudah pernah mencobanya dan aku melihat teman - temanku tertarik memainkannya, oleh karena itulah aku pada akhirnya memutuskan untuk membeli game ini.

Power Grid adalah Economic Game yang bertemakan pembangunan jalur listrik. Papan utama terdiri dari dua sisi yang berisi peta Amerika dan Jerman. Tugas kita adalah berusaha mensupply sebanyak mungkin rumah - rumah yang terdapat di kota - kota dalam satu negara tersebut dengan listrik.
Papan Power Grid

Untuk dapat mensupply listrik maka diperlukanlah bahan bakar, dimana pada game ini bahan bakar tersebut terdiri dari batu bara, minyak, sampah, nuklir dan tenaga angin. Kecuali tenaga angin, bahan bakar tersebut hanya bisa didapatkan apabila kita membelinya dari Market. Semakin banyak bahan bakar yang terjual maka harga bahan bakar akan semakin mahal. Maka dari itu pemain akan saling berlomba - lomba untuk membeli bahan bakar tersebut. Bahan bakar akan terus disupply ketika semua pemain sudah menjalankan gilirannya.
Untuk dapat membeli bahan bakar, selain uang, pemain juga memerlukan sebuah power plant card, melalui kartu tersebut maka pemain bisa menentukan bahan bakar mana yang ingin dibeli dan berapa banyak jumlahnya serta pemain juga bisa mengetahui berapa banyak rumah yang dapat disupply.

Power Plant Card didapatkan melalui Auction (Pelelangan). Pada setiap kartu terdapat sebuah angka di sisi kiri atas yang menandakan harga awal kartu tersebut. Semakin besar angka tersebut maka semakin powerful juga kartu tersebut, baik itu dari sisi penghematan bahan bakar, maupun jumlah rumah yang disupply. Kartu akan dilelang dan proses bidding dilakukan antar pemain, pemain yang mem-bid terbesar berhak untuk mendapatkan kartu tersebut setelah membayar sejumlah uang dari bid terakhir.

Setelah semua proses selesai, maka tiba saatnya pemain akan memposisikan dirinya sebagai kontraktor dengan memilih lahan untuk membangun rumah. Ketika pemain memutuskan untuk membangun lebih dari satu rumah, maka rumah tersebut harus saling terhubung untuk mengalirkan jalur listrik.

Permainan akan terus berulang sampai pada batas maksimum jumlah rumah yang ditentukan pada awal permainan. Pemain yang berhasil mensupply rumah terbanyak adalah pemenangnya.

Hal yang menarik dari permainan ini adalah selain unsur matematika yang kuat, pemain juga harus bisa dengan cermat memperkirakan pengeluaran uang yang dibutuhkan. Karena pada permainan ini, uang dibutuhkan untuk melakukan bidding kartu, membeli bahan bakar serta membangun rumah sementara uang hanya bisa didapatkan ketika kita berhasil mensupply rumah dengan listrik dimana jumlah uang yang didapat bergantung pada jumlah rumah yang berhasil disupply. Oleh karena itu dalam permainan ini, selain unsur interaksi yang terdapat dalam proses auction terdapat pula unsur manajemen dan investasi yang kuat.
[Board Game] Power Grid [Board Game] Power Grid Reviewed by Steven on May 29, 2010 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.