Recent Posts

Agricola


Bagi penggemar Board Game, tentu sudah tidak asing lagi dengan nama tersebut, sebuah Board Game yang sempat duduk di peringkat pertama cukup lama di situs www.boardgamegeek.com, dan sekarang pun masih ada di peringkat 3. Kompleksitas, keseimbangan dan manajemennya menjadikan gameplay Agricola ini sangat bervariasi. Dan sekarang game ini sudah hadir di Apple iOS dan bisa dinikmati dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan versi fisiknya.

Agricola di iOS dikembangkan oleh Playdek. Dilengkapi dengan video tutorial serta AI sebagai lawan main apabila kita kesulitan mendapatkan teman bermain. Pass and Play dilengkapi juga apabila kita ingin bermain bersama teman. Pada pembelian pertama, kita hanya akan mendapatkan E deck dengan pilihan Family Game dan Basic Game. Sementara untuk I deck dan K deck dijadikan sebagai in app purchase dimana kita harus membeli lagi. 

Family game ditujukan lebih ke arah pemula dimana setiap pemain tidak diberikan perbedaan resources di awal permainan, jenis ini lebih ditujukan untuk memperkenalkan gameplay Agricola kepada pemain. Sementara basic game memberikan randomize dan diferensiasi kepada permainan dimana setiap pemain diberikan kartu occupation dan minor upgrade yang berbeda-beda. Hal ini akan lebih memaksa pemain untuk menyiapkan strategi yang mengandalkan kelebihan dari kartu-kartu yang dimiliki. 

Agricola mengajarkan kita sebuah konsep manajemen resources dan manajemen orang yang sangat baik, mengajarkan kita untuk menyiapkan sebuah big picture dan strategi yang mendukung big picture tersebut. Keseimbangan game yang sangat pas sehingga membuat pemain harus memastikan bahwa setiap pilihan yang kita pilih mendukung strategi yang sudah kita siapkan di awal, dan apa yang harus kita lakukan ketika lawan kita mengambil jatah pilihan yang kita inginkan. Hal ini dikarenakan pilihan yang diberikan sangat banyak dan membuat kita memiliki banyak opsi untuk memenangkan permainan.
Agricola Agricola Reviewed by Steven on March 03, 2014 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.