Recent Posts

Journey To Switzerland Part 2 : Visa Application

Setelah pada akhirnya berhasil mendapatkan konfirmasi bahwa tanggal keberangkatan bisa diundur, dan aku diminta oleh orang tua ku untuk ikut pergi juga menemani adikku yang tadinya akan berangkat sendirian (tentu saja keberangkatanku dibiayai oleh orang tua ku, sementara hotel bersama dengan adikku) maka dimulailah proses apply visa untuk ke Swiss.

Karena pihak Logitech menyerahkan seluruh urusan keberangkatan kepada salah satu travel agency maka aku berkoordinasi langsung dengan pihak Travel tersebut untuk mengurus dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk apply visa keberangkatanku dan adikku. Dan dokumen yang dibutuhkan tersebut pada awalnya berupa :
1. Paspor yang masa berlaku lebih dari 6 bulan dari tanggal kedatangan dan paspor lama.
2. Pas foto berwarna terbaru ukuran 3,5 x 4,5 = 2 lembar, dengan latar belakang putih, dan hasil cetakan diatas kertas cetak foto, bermutu cetak baik dan jelas penampilannya muka di zoom 80%
3. Surat sponsor berbahasa Inggris di atas kop surat perusahaan dimana yang bersangkutan bekerja. Jika ada orang lain/anggota keluarga yang ikut bepergian maka dicantumkan nama dan status orang tersebut.
4. Bukti keuangan 3 bulan terakhir berupa fotokopi Rekening koran atau Buku tabungan (dari halaman depan yang tercantum nama dan nomor rekening sampai dengan halaman terakhir transaksi).minimal Rp. 50 Juta/orang.
5. Fotokopi Kartu keluarga.
6. Jika anak ikut bepergian dan masih sekolah, maka lampirkan :
• Fotokopi Kartu pelajar/surat keterangan dari sekolah
• Fotokopi Akte kelahiran
7. Print out reservasi tiket.
8. Konfirmasi hotel selama perjalanan di Eropa.
9. Asuransi perjalanan yang berlaku selama masa tinggal di Eropa dan Uang Pertanggungan USD 50.000 atau EURO 30.000.
10. Formulir yang telah diisi lengkap dan ditanda tangani oleh pemohon. Untuk anak yang belum mempunyai KTP, formulir ditanda tangani oleh kedua orang tuanya.
11. Yang bersangkutan TENTATIVE untuk datang menghadap

Karena pihak Logitech sudah melakukan issued tiket untuk adikku maka aku segera buru-buru melakukan pemesanan tiket karena takut tidak berangkat bersamaan, setelah membayar tiket aku juga melakukan pembayaran apply visa. Satu hal yang aku pelajari dari pengalaman ini adalah jangan pernah melakukan issued tiket sebelum visa sudah dipastikan keluar karena pengalaman yang akan aku ceritakan di bawah ini.

Dikarenakan beberapa dokumen ada di rumah di Bandar Lampung maka aku membutuhkan beberapa hari untuk melengkapinya, ketika sudah berhasil aku lengkapi semua dan ingin segera aku submit tiba-tiba dari pihak travel meminta lagi beberapa dokumen tambahan seperti SIUP tempat perusahaan dimana aku bekerja, surat keterangan dari bank, fotokopi KTP dll. Dan hal ini terjadi beberapa kali, hal yang sangat aku sesalkan karena membuat aku membutuhkan waktu lebih lama lagi untuk menyiapkan dokumen tambahan tersebut, seharusnya mereka bisa saja memberi tahu seluruhnya sejak awal sehingga tidak merepotkan aku untuk bolak-balik melengkapi dokumen tambahan tersebut.

Karena proses pembuatan visa membutuhkan waktu 14 hari kerja dan ketidakjelasan informasi ini membuatku sangat was-was apabila ternyata ketika tanggal keberangkatan tiba namun visa belum keluar. Aku sempat melakukan komplain kepada pihak travel tersebut dan secara pribadi aku sangat tidak puas dengan pelayanan yang diberikan oleh mereka. Setelah berhasil memberikan seluruh dokumen yang diminta setelah 4 kali bolak balik, dokumen sudah siap untuk dimasukan ke kedutaan Swiss, namun tiba-tiba (lagi) pihak travel menginformasikan bahwa mereka membutuhkan semacam surat sponsor dari perusahaan yang membiayai adikku tersebut, karena passport kami masih kosong dan apabila tiba-tiba ingin berangkat ke Swiss tanpa alasan yang kuat takut akan langsung ditolak oleh pihak kedutaan. Lagi-lagi hal yang sangat aku sayangkan mereka tidak menginformasikan hal tersebut sejak awal.

Setelah pihak travel berhasil mendapatkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan dari perushaan tersebut maka mereka menginformasikan bahwa dokumen sudah dimasukan ke kedutaan dan tinggal menunggu informasi dari kedutaan lebih lanjut.
Journey To Switzerland Part 2 : Visa Application Journey To Switzerland Part 2 : Visa Application Reviewed by Steven on December 24, 2011 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.