Recent Posts

Membuat Game (part 5)


Hard mode dalam game Catherine sukses membuat banyak pemain frustasi

9. Hukuman 

Hukuman apabila digunakan dengan benar akan meningkatkan kenikmatan yang bisa pemain dapatkan dari sebuah game. Beberapa alasan mengapa sebuah game menghukum pemain adalah: 
Hukuman menciptakan value tambahan. Resource yang ada dalam sebuah game akan bernilai lebih ketika ada kemungkinan resource tersebut dapat diambil oleh game sewaktu-waktu 
Mengambil resiko itu mengasyikan. Kita hanya bisa mengambil resiko jika ada konsekuensi negatif atau hukuman. Memberikan pemain kesempatan untuk mengambil resiko dengan konsekuensi terburuk akan membuat kesuksesan terasa sangat manis ketika didapatkan. 
Hukuman meningkatkan tantangan. Meningkatkan hukuman yang berakhir kegagalan bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan tantangan 

Berikut adalah beberapa tipe hukuman umum yang sering digunakan dalam game. Kebanyakan adalah kebalikan dari reward. 
Mempermalukan. Kebalikan dari pujian, hal ini adalah salah satu cara sebuah game memberi tahu kita kalau kita melakukan pekerjaan yang buruk, biasanya dengan pesan eksplisit (missed, defeated) atau dengan animasi, sound effect tertentu. 
Kehilangan poin. 
Shortened Play. “kehilangan Life” dalam sebuah game adalah contoh dari jenis hukuman ini. Beberapa game terkadang memberikan timer untuk memperpendek permainan. 
• Terminated Play. Game over 
Setback. Ketika, setelah mati, game mengembalikan kita ke start awal atau ke check poin terakhir, maka ini adalah jenis hukuman setback. Tantangan terbesar dalam menyeimbangkan ini adalah menentukan di mana check poin terakhir berada maka akan membuat hukuman terlihat lebih masuk akal. 
Kehilangan kekuatan. Konsep hukuman ini harus sangat hati-hati dan cermat apabila ingin digunakan. Pemain sangat tidak suka kekuatan atau skill yang mereka peroleh dengan susah payah dihilangkan begitu saja. Salah satu solusinya apabila ingin menggunakan konsep hukuman ini adalah dengan mengambil kekuatan pemain secara temporer. Setelah beberapa saat baru skill pemain bisa kita kembalikan lagi.
Kehilangan resource. Kehilangan uang, barang, amunisi, perisai, hit poin. Hukuman ini adalah jenis yang paling umum dalam sebuah game. 
Satu hal yang harus diperhatikan adalah bahwa pemain lebih suka mendapatkan reward daripada terkena hukuman. Jadi jika kita ingin membuat pemain melakukan sesuatu, akan lebih baik kita mengiming-iminginya dengan reward daripada menghukumnya. Dengan melakukan hal itu, kita bisa mengubah aktivitas dari negatif ke positif. 
Selain itu kita juga harus bisa menyeimbangkan seberapa berat hukuman yang ingin kita berikan kepada pemain karena itu akan menjadi elemen tantangan tersendiri (poin no 2). Beberapa pemain suka dengan tantangan yang gila dan menyukai game yang memiliki hukuman yang berat karena mereka dapat membanggakan diri ketika berhasil menyelesaikan game tersebut. Meskipun begitu mereka juga tetap punya batasannya. Mereka akan menyebut game tersebut tidak fair ketika mereka juga tidak bisa menemukan cara menghindari hukuman yang diberikan.
Membuat Game (part 5) Membuat Game (part 5) Reviewed by Steven on March 24, 2014 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.