Recent Posts

Grand Theft Auto V

Grand Theft Auto V 




Story : 9/10 
Gameplay : 10/10 

Tahun 2013, Rockstar meluncurkan salah satu franchise populer mereka yang sudah ditunggu para gamer, Grand Theft Auto V. Dalam waktu singkat, game tersebut terjual jutaan kopi, bahkan para gamer rela mengantri berjam-jam untuk mendapatkan game yang sudah mereka tunggu-tunggu. GTA V mencetak rekor penjualan game terbanyak dalam waktu singkat. 

Storyline 
GTA V menceritakan tentang 3 orang kriminal (Trevor, Michael, Franklin) yang tinggal di sebuah kota fiksi bernama Los Santos.
Trevor, Michael, Franklin
Michael dan Trevor adalah sahabat lama, Michael yang sudah berkeluarga memutuskan untuk meninggalkan kehidupan kriminalnya, dia bekerja sama dengan salah satu agen korup di FIB, Dave Norton, untuk melakukan satu perampokan terakhir yang sudah terencana. Dalam perampokan ini, Michael akan menyerahkan seluruh krunya termasuk Trevor kepada FIB dengan syarat ia akan mendapatkan kehidupan baru dengan identitas baru. Rencana tersebut berhasil, seluruh kru terbunuh, Trevor melarikan diri sambil dikejar-kejar polisi, Michael memalsukan kematiannya dan mengubah namanya dari Michael Townley menjadi Michael de Santa kemudian pindah hidup di Los Santos, Dave mendapatkan penghargaan karena berhasil meringkus kriminal yang sudah lama diincar FIB. 

10 tahun kemudian, Franklin bertemu dengan Michael dalam sebuah pekerjaan reposession dimana Franklin yang bekerja dengan seorang loan shark harus mengambil kembali mobil yang dibeli oleh Jimmy de Santa (anak lelaki dari Michael), Michael yang menyadari bahwa ia telah menjadi korban seorang loan shark memutuskan untuk memberi pelajaran kepada sang dealer dengan menabrakan mobilnya ke dealership tersebut. Hal ini membuat Franklin dipecat namun ia dan Michael jadi berteman dan melakukan pekerjaan bersama-sama. Sementara itu Trevor secara tidak sengaja mendengar perampokan permata yang terjadi di Los Santos dan menyadari bahwa perampokan tersebut dilakukan oleh Michael, sahabatnya sendiri yang selama 10 tahun ini dikira sudah mati dalam perampokan yang mereka lakukan.
Jewel Store Heist
Trevor memutuskan untuk melacak Michael dan menemuinya. Kehadiran Trevor memicu serangkaian insiden, Dave dan bosnya Steve Haines kembali meminta Michael untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan kotor mereka. Michael dan Trevor pun terjebak dalam serangkaian operasi-operasi kotor FIB. Michael pun menyadari bahwa akan tiba saatnya ketika FIB menganggap mereka sebagai sebuah loose ends yang harus dilenyapkan dan memutuskan untuk melakukan sesuatu sebelum hal itu terjadi. Konflik semakin bertambah ketika Trevor akhirnya mengetahui kejadian sebenarnya 10 tahun lalu dimana Michael mengkhianati mereka semua dan membuat teman-temannya terbunuh. 

Gameplay 
Los Santos
Los Santos Valley

GTA V adalah sebuah game open world, action adventure dengan sudut pandang orang ketiga. Pemain tinggal dalam sebuah kota fiksi bernama Los Santos dan bisa menjalani banyak sekali aktivitas di dalamnya. Pemain bisa terlibat dalam misi main storyline, sidequest, ataupun misi pribadi. Sayangnya sidequest disini bisa dibilang hampir tidak memberikan efek apapun terhadap pemain ataupun storyline, tidak ada item spesial yang didapat, tidak ada hubungan apapun yang terjadi dengan cerita utama, pemain hanya mendapatkan scene tambahan, tugas tambahan dan pengalaman yang didapat untuk menaikkan parameter skill. Pemain mengendalikan 3 karakter dimana pemain bisa berganti-ganti karakter sesuai keinginan. Ketika sedang menjalankan 1 karakter, maka 2 karakter yang lainnya pun hidup secara simultan, sehingga memungkinkan saja kita bertemu dengan karakter lain ketika sedang mengendalikan salah satu karakter. Sayangnya menurutku hal ini kurang bisa dimaksimalkan oleh Rockstar, karena dengan adanya 3 karakter seharusnya bisa dimanfaatkan untuk mengeksplor cerita lebih jauh dan lebih dalam lagi. Ketika menjalankan mission pun kita bisa bergantian dengan karakter lain, icon karakter akan berkedip ketika ia berada dalam posisi yang lebih menguntungkan dan menyarankan kita untuk mengendalikan karakter tersebut. Setiap karakter memiliki spesial skill masing-masing serta beberapa parameter skill yang bisa ditingkatkan ketika kita melakukan aktivitas. Contohnya, parameter stamina akan meningkat ketika kita sering berlari atau berenang, parameter driving akan meningkat ketika kita sering mengendarai mobil, dll. Standard GTA tetap masih ada disini dimana ketika kita melakukan kejahatan di depan umum bisa memunculkan sistem “wanted” dengan level bintang yang mengakibatkan kita akan dikejar oleh polisi. 
Heists

Salah satu fitur yang cukup unik adalah fitur heist, dimana kita diberikan pilihan tentang cara kita melakukan perampokan. Contoh, ketika ingin melakukan perampokan toko permata, kita diberikan pilihan yaitu smart way (memberikan gas tidur melalui ventilasi udara sehingga membuat semua orang di dalam toko tersebut tertidur) atau dumb way (masuk melalui pintu depan sambil menodongkan senjata).
Choosing your approachment
Pilihan tersebut akan menentukan persiapan apa yang harus dilakukan untuk menjalankannya. Selain itu heist juga memerlukan kru yang akan dikendalikan oleh AI, pilihan kru akan diberikan dimana setiap kru memiliki parameter sendiri, semakin tinggi parameter mereka maka semakin besar bagian yang mereka terima ketika perampokan berhasil dan akan meningkatkan skill mereka apabila mereka digunakan lagi dalam heist berikutnya. Sebagai contoh, dalam perampokan toko permata, aku menggunakan seorang kru yang hanya meminta bagian 7%, tentu dengan skill pas-pasan, dan ketika sedang melarikan diri dengan motor, kru tersebut tertabrak mengakibatkan ia menjatuhkan uang yang dibawanya, disini pemain bisa meninggalkan uang tersebut dan mengakibatkan hasil perampokan menjadi lebih sedikit, atau mengambil uang jatuh tersebut. Hasil dari misi ditentukan oleh pilihan yang dibuat pemain.
Switching Guns
Pemain bisa melakukan melee attack, menggunakan senjata dari pisau, pistol, sampai grenade, pemain juga bisa berlari, melompat, berenang, menyelam atau menggunakan semua kendaraan yang ada di dalam dunia GTA untuk mengeksplorasi dunia. Kendaraan yang tersedia terdiri dari mobil, motor, sepeda, pesawat, helikopter, motor boat, jetski dan kapal selam terdapat juga cable car yang mengantarkan kita ke puncak gunung, pemain bahkan bisa naik taksi atau naik bus untuk menuju ke tempat yang ingin dituju. Selain itu pada setiap kendaraan juga diberikan sejumlah radio yang akan menyiarkan banyak lagu dan beberapa berita. Pemain juga bisa mengarungi dunia bawah laut yang terdapat dalam dunia GTA, menyelam sedalam mungkin di samudera pasific, dan menemukan reruntuhan pesawat yang terjatuh, item-item yang terdapat di dasar laut, serta bertemu hiu yang dapat membunuhmu. Selain laut, dunia GTA juga terdapat daerah perkotaan, desa, padang pasir, gunung, hutan yang bisa dieksplor, ketika mengeksplorasi kita bisa menemukan beberapa random event seperti polisi yang sedang mengejar perampok, seseorang yang meminta bantuan karena mobilnya terbakar atau karena ia sedang dirampok atau menjebak untuk merampok kita dan masih banyak lagi. Setiap karakter juga memiliki smartphone dimana pemain bisa menelepon teman-temannya, mengajak hang out, menggunakan smartphone untuk mengambil foto atau berselfie, mengakses internet dimana kita bisa bermain saham dan membeli property untuk menghasilkan income. GTA memiliki rating dewasa karena banyak sex scene dan nudity di dalamnya.
Playing Tennis
Beberapa aktivitas-aktivitas yang bisa dilakukan dalam dunia GTA yang tidak terlibat dalam main mission adalah : bermain tennis, bermain golf, sea race, scuba diving, parachuting, berburu, bermain saham, membeli property, memodifikasi mobil, mendapatkan lap dance di strip club, berhubungan sex dengan stripper, berhubungan sex dengan prostitute yang terdapat di pinggir jalan, bermain dart, latihan menembak, triathlons (balapan lari, berenang, sepeda), yoga, mendapatkan tattoo, mengganti model rambut, membeli berbagai macam jenis pakaian.

Kesimpulan 
Grand Theft Auto V layak menyandang the fastest selling entertainment product in history. Konsep open worldnya membuat kita benar-benar mendapatkan pengalaman unik dan kebebasan bermain. Rockstar berhasil memberikan dunia seluas mungkin, dengan kualitas visual dunia yang sangat indah, dengan segudang aktivitas yang bisa dilakukan di dalamnya. Selain itu, kepribadian yang disematkan ke dalam karakternya juga sangat baik. Trevor yang suka seenaknya dan menyelesaikan segala hal dengan kekerasan, Michael yang memiliki pribadi seorang family man yang terjebak dalam sebuah mid life crisis, Franklin yang setia kawan yang selalu membantu teman-temannya. 

Sebelum diluncurkan, GTA V diinfokan menjadi game dengan budget terbesar sepanjang sejarah. Namun semua itu terbayar meilhat respons berbagai kalangan gamer. GTA V memberikan kita sebuah pengalaman baru yang membuat kita seolah-olah menjadi bagian dalam kehidupan karakternya. After all, sebuah game sudah tidak lagi sekedar menjadi sebuah hiburan semata, namun juga harus bisa memberikan pengalaman kepada si pemain sendiri, sebuah pengalaman yang membuat kita bisa melakukan hal yang tidak mungkin bisa kita lakukan di dalam dunia nyata. Terlepas dari storylinenya yang masih bisa dikembangkan lebih jauh, GTA V akan menjadi sebuah standard untuk game open world selanjutnya.
Grand Theft Auto V Grand Theft Auto V Reviewed by Steven on August 06, 2014 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.