Recent Posts

Watch Dogs

Watch Dogs 



Story : 6/10 
Gameplay : 8/10 

Watch Dogs adalah sebuah game open world action adventure buatan Ubisoft yang dirilis pada tahun 2014. Game ini awalnya direncanakan akan dirilis pada tahun 2013 yang bertujuan untuk bersaing dengan GTA V. Namun karena beberapa hal, perilisan ditunda ke Mei 2014. Sebuah hal yang menurutku membantu game ini karena overall bagiku kualitas game ini masih cukup jauh di bawah GTA V. 

Storyline 
Watch Dogs mengambil setting di versi fiksi sebuah kota Chicago, Illinois. Dikarenakan kejadian black out pada tahun 2003 yang menyebabkan banyak orang meninggal, membuat Chicago sekarang menggunakan sebuah operating system bernama ctOS (Centralized Operating System). OS ini mengatur segala aktivitas seluruh perangkat elektronik yang terdapat di kota tersebut secara terpusat. Hal ini tentu saja menjadi sebuah kelemahan sendiri mengingat para hacker cukup menghack OS tersebut agar dapat memonitor dan mengakses seluruh perangkat elektronik di kota tersebut. 

Aiden Pearce
Pada tahun 2012, Aiden Pearce, tokoh utama game ini yang merupakan seorang hacker, bersama dengan Damien Brenks mencoba melakukan perampokan secara elektronik pada sebuah bank di Merlaut Hotel. Namun pada prosesnya mereka secara tidak sengaja menemukan sebuah file aneh dan memperingatkan hacker lainnya, Damien berusaha untuk menemukan hacker tersebut namun juga berimbas ditemukannya posisi mereka. Aiden akhirnya meninggalkan Damien karena tidak mau mendengarkan peringatannya. Khawatir akan keadaan keluarganya, adik perempuan - Nicole dan kedua sepupunya – Lena dan Jackson, Aiden memutuskan untuk membawa mereka ke tempat yang lebih aman dengan motif mengajak liburan. Namun dalam perjalanan, 2 orang pembunuh yang disewa untuk membunuh Aiden mengintersep mobilnya dan mengeluarkan tembakan yang membuat mobil tersebut bertabrakan dan menyebabkan Lena meninggal. 

Damien Brenks
Setahun kemudian, Aiden sekarang dikenal sebagai seorang vigilante bernama “The Fox” berusaha menemukan pembunuh Lena sambil berusaha mencoba mengungkap mengapa ada orang yang mencoba membunuhnya. Namun konflik tidak sampai di situ saja karena Damien tiba-tiba muncul dan meminta Aiden membantunya menemukan hacker dari peristiwa Merlaut setahun yang lalu. Karena ditolak oleh Aiden, membuat Damien menculik Jackson dan memaksanya untuk melakukan pekerjaan tersebut. 

Secara pribadi, aku kurang suka dengan jalan ceritanya. Terlalu banyak flaw menurutku, seperti : tidak dijelaskan mengapa Aiden melakukan perampokan bank di Merlaut, karakter Aiden yang membingungkan, apakah dia ini seorang pembunuh, seorang hacker, seorang kriminal atua seorang yang mencari keadilan, karena ketika menjalankan misi, kepribadiannya seakan tidak konsisten. Munculnya partner Aiden bernama Jordi Chin yang juga gak jelas asal – usulnya, kemana suami Nicole ketika anaknya dibunuh, justru yang melindunginya mati-matian adalah kakaknya sendiri. Akan terlihat lebih cocok baik secara cerita dan secara emosi apabila memang Nicole adalah istrinya Aiden dan yang terbunuh adalah anaknya Aiden sendiri. Di akhir cerita, kemunculan Jordi semakin membuatku bingung akan siapa dia ini sebenarnya dan apa tujuannya. 

Mendeteksi potential crime
Gameplay 
Watch Dogs mengusung genre open world action adventure dari sisi orang ketiga. Pemain akan diberikan kebebasan dalam mengarungi kota Chicago. Aiden juga dilengkapi dengan sebuah smartphone dimana bisa digunakan untuk meng-hack orang-orang di sekitar Aiden. Sebuah Augmented Reality akan muncul ketika fungsi hack dijalankan dan akan memberikan informasi data pribadi mengenai orang-orang yang ada di sekitarnya, Aiden bahkan bisa menghack NPC tersebut dan mengambil sebagian uangnya, mendapatkan music baru, kendaraan baru dan senjata baru. Ketika berjalan-jalan di kota, Aiden bisa mengintersep sebuah potensi kejahatan dan memilih apakah akan menolong korban, atau membiarkannya. Hal ini akan mempengaruhi parameter kejahatan/kebaikan Aiden, dan pemain akan bisa menentukan apakah akan bermain sebagai seorang kriminal atau seorang vigilante. Selain itu Aiden juga memiliki kemampuan untuk megubah lampu lalu lintas, menaikan city blocker, mengakses cctv, meledakan pipa bawah tanah, menutup jembatan, menghentikan kereta, hingga mematikan jaringan listrik di seluruh kota. Wanted level juga disediakan dalam game ini di mana Aiden akan dikejar polisi yang keagresifannya akan bergantung pada tinggi level wanted tersebut. 

Kita bisa memilih menjadi kriminal atau seorang vigilante berdasarkan action yang kita pilih
Dalam menjalankan misinya, Watch Dogs memberikan pemain kebebasan cara menuntaskan misi. Pemain bisa memilih untuk melakukan gun blazing atau stealth mode atau justru memanfaatkan perangkat elektronik sekitar untuk menciptakan ledakan-ledakan. Aiden akan dilengkapi persenjataan dari hand gun, rifle, sniper, grenade launcher serta beberapa perangkat utiliti lainnya seperti pengalih perhatian, bomb trigger, frequencies scramble dll. Seiring berjalannya permainan, pemain akan diberikan experience point yang bisa dikumpulkan untuk menghasilkan skill point. Skill point ini nanti bisa digunakan untuk membuka beberapa skill baru yang bisa dilakukan oleh Aiden. Beberapa sidequest juga diberikan di sini dimana Aiden bisa mencoba memasuki markas suatu gang dan menghentikan gang tersebut, menangkap criminal yang sedang convoy, melakukan investigasi terhadap suatu misteri pembunuhan, dll. Watch Dogs juga dilengkapi dengan beberapa mini game seperti catur yang akan meningkatkan skill fokus Aiden, dan beberapa mini game lainnya.
Skill tree

Online play juga disediakan dalam game ini, dimana ada pemain lain yang masuk ke dalam dunia single player kita secara diam-diam dan berusaha menginstall back door virus ke dalam smartphone kita. Pemain akan diberikan waktu untuk melacak keberadaan pemain lain tersebut dan menghentikannya. 

Another hacker in the city
Dari sisi gameplay, Watch Dogs menawarkan sesuatu yang menarik menurutku. Konsep hacking menjadi nilai jual game ini. Kita bisa saja dengan mudah lari dari kejaran polisi dengan mengaktifkan beberapa hal yang terdapat di jalanan seperti meledakan pipa bawah tanah, menaikkan city blocker sampai memadamkan listrik satu kota. Hal lain yang menarik dari game ini adalah kebebasan kita dalam memilih cara untuk menyelesaikan misi, entah itu stealth mode atau langsung head to head berperang dengan musuh. Musuh-musuh dalam game ini juga terlihat lebih cerdas dimana mereka akan mencoba mengepungmu dari berbagai sisi dan membuatmu terpojok, dan ketika kita bersembunyi terlalu lama, mereka akan melemparkan grenade untuk membuatmu keluar dari tempat persembunyianmu. Beberapa kekurangan yang aku perhatikan adalah kurang jelasnya tutorial di awal game, sampai aku menyelesaikan game ini, aku masih belum tahu bagaimana cara membaca parameter health bar ku dan bagaimana membaca level wanted ku. Beberapa musuh terlihat sangat kuat dan tetap berdiri meskipun sudah ditembak berkali-kali. Dari sisi penggambaran dunianya menurutku juga masih kurang detail, meskipun aku sudah menabrakan mobil berkali-kali, namun tetap saja mobil ku masih terlihat cukup mulus dan tidak ada kerusakan sama sekali, hanya terlihat beberapa goresan saja. Para NPC yang terlihat kurang responsif ketika kita menabrak mereka, tidak terdapatnya dunia bawah laut, kita juga tidak bisa menjelajahi udara, membuat dunia open world ini tidak se-open yang diharapkan. 

Hacking city blocker
Perbandingan dengan GTA V 
Sebagai game yang rencananya akan di rilis berbarengan dengan GTA V, Watch Dogs dianggap menjadi salah satu pesaing berat GTA V. Namun bagiku Watch Dogs masih kalah jauh dengan GTA V. Hal itu terlihat dari konsep open world yang di tawarkan. GTA V menawarkan dunia se-real mungkin dan membebaskan kita melakukan apapun dalam dunia yang mereka ciptakan. Sementara Watch Dogs membatasi kita untuk tetap bermain di daratan, tidak ada dunia bawah laut, kita tidak bisa mengendarai pesawat untuk menjelajahi udara dan aktivitas yang terbatas. Dari sisi control aku juga merasakan perbedaan ketika mengendarai mobil. Mengendarai mobil di Watch Dogs lebih berat ketika melakukan belokan dibandingkan ketika mengendarai mobil di GTA V. Dan hampir tidak ada perbedaan performa mobil ketika mengendarai mobil jenis satu dan jenis yang lainnya. Aiden tidak bisa memukul sembarangan orang karena memang melee attack di Watch Dogs hanya bisa dilakukan pada saat tertentu saja dan tidak bisa dilakukan kepada semua orang. 

Hacking Bank Account
Kesimpulan 
Apabila dibandingkan dengan GTA V, jelas Watch Dogs berada di bawahnya. Namun salah satu nilai lebih dari game ini selain unsur hackingnya adalah kebebasan kita dalam menyelesaikan misi. Menjalankan misi dengan mengendap-endap sambil pelan-pelan mengeliminasi musuh satu per satu akan terlihat lebih menantang dan menegangkan dibandingkan langsung head to head berperang secara frontal. Hal ini tentu mengingatkan kita pada salah satu game stealth terkenal, Metal Gear Solid. Bagiku Watch Dogs sebenarnya terlihat seperti game adventure standard, namun Ubisoft menambahkan sedikit konsep open world agar permainan tidak terlihat terlalu linear seperti kebanyakan game adventure lainnya. Namun gaya story telling yang kurang baik menjadikan game ini seperti kekurangan jiwa.
Watch Dogs Watch Dogs Reviewed by Steven on August 18, 2014 Rating: 5

3 comments:

  1. HYPE HYPE HYPE rumor nya Ubisoft bakal ngeluarin Watch dogs 2 hahaha semoga gak ngecewain gak kayak yg pertama :D

    Watch movie

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya katanya mau ada peningkatan di sisi hackingnya juga, jadi gak cuma sekedar ngehack gak jelas tapi bisa solving kasus juga

      Delete
  2. yg gw bingungin, siapa otak pembunuhan lena pearce dan apa tujuannya membunuh aiden yg tak sengaja lena pearce terkena imbasnya ?
    mungkin ada yg bisa jelsin ke gw

    ReplyDelete

Powered by Blogger.