Recent Posts

Membuat Game (part 4)


Final Fantasy VII
8. Rewards 
Reward adalah salah satu cara dari game mengatakan “you have done well”. Ada beberapa tipe reward yang biasa diberikan dalam sebuah game, jenisnya berbeda-beda tapi tujuannya sama, memenuhi keinginan pemain. 
Pujian. Salah satu reward sederhana, game memberi tahu kita kalau kita telah melakukan pekerjaan dengan baik, pujian bisa diberikan berupa statement, special sound effect, atau bahkan karakter dari game yang berbicara kepada kita. Nintendo terkenal dengan hal ini. 
Poin. Terkadang poin hanya menjadi satu langkah untuk mendapatkan reward lainnya. Tapi terkadang, ukuran poin ini sudah cukup, terutama jika pemain lain bisa melihatnya di papan high score. 
Prolonged Play. Konsep ini menawarkan extra life agar bisa memperpanjang permainan. Beberapa game yang memiliki time limit menghadiahkan konsep ini ke dalam sesi permainan mereka. 
A Gateway. Konsep ini menawarkan pemain untuk bisa berpindah ke bagian game lainnya. Setiap kali kita mendapatkan akses ke stage baru atau mendapatkan kunci untuk stage tersembunyi, kita telah mendapatan gateway reward. 
Spectacle. Sebuah tontonan terkadang disuguhkan sebagai reward yang dicari pemain. Beberapa game RPG menawarkan konsep ini ketika pemain berhasil menamatkan sebuah game, dan di akhir permainan akan disuguhkan sebuah movie pendek mengenai akhir dari perjalanan cerita si pemain. 
Ekspresi. Beberapa pemain suka mengekpresikan diri mereka dalam game dengan pakaian-pakaian dan dekorasi-dekorasi spesial. Meskipun hal tersebut tidak ada hubungannya dengan tujuan akhir game namun hal itu bisa membuat permainan menjadi lebih fun. 
Power. Menjadi lebih kuat adalah sesuatu yang diinginkan setiap orang baik dalam dunia nyata maupun dalam dunia game. Power memberikan kita cara yang lebih cepat untuk mencapai tujuan kita. Beberapa contohnya adalah, menjadi lebih besar dalam game Super Mario, lebih cepat dalam game Sonic the Hedgehog, dll 
Resources. Beberapa permainan memberikan resource (cth : makanan, energi, amunisi, hit poin, uang) sebagai reward mereka. Beberapa game kebanyakan memberikan uang sebagai reward sehingga pemain bisa memilih cara menghabiskannya. Biasanya hal-hal yang bisa dibeli dengan uang adalah reward-reward seperti power, prolonged play, ekspresi, ataupun resource lain 
Completion. Ini adalah ultimate reward dalam sebuah game dimana memberikan sebuah closure ketika pemain berhasil menyelesaikan seluruh goal yang game berikan. Ketika kita sudah mencapai tahap ini maka sudah tidak ada alasan lagi untuk memainkan game tersebut. 

Terkadang sebuah game memberikan kombinasi dari tipe-tipe reward di atas. Semakin banyak jenis reward yang bisa kita masukan dalam sebuah game, semakin baik game kita. Lalu bagaimana kita menyeimbangkan reward-reward tersebut? Berikut ini beberapa aturan yang mungkin bisa kita perhatikan : 
• Setiap orang punya kecenderungan untuk menyesuaikan diri terhadap reward ketika semakin banyak kita menerimanya, dan apa yang kita anggap sebagai reward 1 jam lalu sudah tidak kita anggap lagi sekarang. Salah satu cara untuk mengatasi ini adalah dengan sedikit sedikit meningkatkan nilai dari reward tersebut ketika game berjalan. 
• Salah satu cara lain adalah dengan membuatnya bervariasi daripada tetap. Dengan kata lain, jika setiap monster yang kita kalahkan memberikan kita 10 poin, maka hal tersebut akan membuat game kita menjadi mudah ditebak dan cepat membosankan. Tapi jika setiap monster yang kita kalahkan memberikan kita 2/3 peluang mendapatkan nol poin dan 1/3 peluang mendapatkan 30 poin, maka hal ini menjadi lebih rewarding, meskipun secara rata-rata nilai yang kita berikan adalah sama.
Membuat Game (part 4) Membuat Game (part 4) Reviewed by Steven on March 12, 2014 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.