Recent Posts

Travelling bukan hanya sekedar tempat wisata



Belakangan ini banyak banget orang yang men-share artikel-artikel seputar tempat wisata di berbagai daerah di Indonesia ini. Tujuannya sih simple aja, ingin menunjukan bahwa sebenarnya Indonesia pun memiliki tempat wisata yang tidak kalah dari negara-negara di luar sana. Terutama dari segi keindahan alamnya. Tapi aku pribadi jujur lebih suka travelling langsung ke ke luar Indonesia. Sehingga ketika ada teman yang mangajak travelling di dalam negeri, biasanya aku akan langsung bilang untuk lebih baik menabung sedikit lebih lama lagi tapi destinasinya bisa lebih jauh. Berikut ini beberapa alasan mengapa aku lebih memilih travelling ke luar negeri dibandingkan di dalam negeri : 

1. Transportasi 
Ketika kamu pergi travelling terutama ke negara-negara maju, mereka sudah memiliki sistem transportasi yang jauh lebih baik daripada kita. Dari sisi kenyamanan dan kemudahan. Negara-negara populer tujuan destinasi orang Indonesia seperti Korea dan Jepang mampu memberikan kemudahan bagi kita para traveller untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Bandingkan dengan Indonesia. Mau ke Bandung aja semua orang pada bawa mobil pribadi dan akhirnya bikin jalanan penuh dan macet. Dan seandainya sudah ada kereta yang mengantarkan kita tiba di Bandung, sampai di sana kita tidak tahu bagaimana menuju destinasi yang kita ingin tuju. Aku pernah traveling ke Bali dan pada saat itu aku tidak ingin menyewa mobil harian yang men-charge kamu langsung sekian jam karena pada saat itu aku hanya berencana untuk bersantai di hotel namun aku tetap butuh transportasi ketika ingin pergi makan. Mau tidak mau kita harus memanggil taxi atau dalam case ku pada waktu itu menggunakan GrabCar dengan tarif yang lebih murah dibandingkan taxi konvensional. Bahkan di kota populer seperti Bali saja tidak ada transportasi umum yang memadai, apalagi di daerah lain yang jarang diketahui orang. Hal seperti ini yang membuatku terkadang malas traveling di dalam negeri. 

2. Culture 
A country is defined by its people’s behaviour. Traveling ke negara lain memberikan kita pengetahuan baru mengenai budaya negara tersebut. Paling gampang mengamati budaya suatu negara adalah dengan mengamati sikap dan kebiasaan orang-orangnya. Ketika aku traveling ke Swiss, hal yang paling menakjubkan yang pernah aku lihat adalah sistem transportasinya. Tidak ada portal yang menjaga penumpang ketika ingin naik kereta atau tramp. Tidak ada petugas yang menjaga untuk memeriksa apakah penumpang sudah beli tiket atau belum. Biasanya pada sebuah stasiun sudah disediakan semacam box untuk membeli tiket sendiri sehingga setiap penumpang yang ingin naik transportasi umum harus sadar sendiri untuk beli tiket dulu baru naik meskipun sebenarnya pintu kereta sudah mau tertutup. Jadi singkatnya, kalau orang mau naik transportasi umum tapi gak mau bayar pun bisa aja karena tidak ada yang ngecek. Sementara di Korea, budaya self service seperti sudah menjamur di setiap tempat makan, di Jepang sangat terkenal dengan budaya antrinya. Memperhatikan hal-hal seperti itu akan membuat kita sadar betapa terbelakangnya orang Indonesia. Maka wajar saja terkadang Indonesia sering digambarkan sebagai negara miskin oleh film-film Holywood. 

3. Food 
Jalan-jalan ke luar negeri memberikan kamu kesempatan untuk sejenak melupakan kebosanan makan Indonesia dan menikmati makanan dari negara tersebut. Apabila kamu sangat menyukai makanan Indonesia, maka aku jamin makanan Thailand akan sangat cocok untukmu. Kedua jenis makanan ini menggunakan rempah-rempah sebagai daya tariknya. Bumbu yang meresap sampai ke tulang dan dilengkapi dengan aroma dari daun herbal akan menjadikan kuliner sebagai salah satu tujuan wisata selain mengunjungi tempat wisata. Selain itu setiap negara biasanya memiliki jajanan mereka masing-masing atau biasa yang disebut sebagai street food. Jepang sendiri memiliki banyak sekali jenis cemilan manis yang bisa membuat khilaf orang yang hobi makan. 

4. Musim 
Bosan dengan musim yang itu-itu saja. Travelling ke negara yang memiliki empat musim akan memberikan kita sebuah pengalaman baru. Udara yang sama sekali berbeda. Negara yang memilki empat musim biasanya cenderung lebih bersih karena kebanyakan suhu negara tersebut cukup dingin. Karena udara yang dingin maka biasanya jarang ditemukan motor di jalanan sehingga membuat udara menjadi sejuk dan bebas polusi. Ketika aku ke Korea aku cukup iri ketika mengunjungi Cheonggyecheon Stream, sebuah aliran yang mirip sungai dengan jalan setapak di kanan kirinya dan dipenuhi dengan pohon-pohon dan tanaman yang rindang membuat udara menjadi sangat sejuk. Cocok digunakan untuk lari maraton. Atau Han Gang park yang cukup luas dan banyak orang-orang bermain skateboard dan disediakan air taman yang bisa langsung diminum. Bahkan ketika kita berjalan kaki cukup lama pun tidak akan masalah karena cuacanya tidak sepanas di Jakarta sehingga tubuh kita tidak berkeringat dan badan tidak menjadi terasa lembab dan bau. 

Oke itu lah hal-hal yang membuatku lebih tertarik untuk travelling ke luar negeri dibandingkan di dalam negeri. Semua ini hanya pendapat pribadi dan bagiku permasalahan utama di negeri ini adalah transportasinya. Mau bikin kereta cepat dari untuk berpindah kota tapi fasilitas transportasi di kota tujuannya tidak memadai dan informasi rute transportasi yang sulit ditemukan tentu akan sangat menyulitkan kita untuk travelling.
Travelling bukan hanya sekedar tempat wisata Travelling bukan hanya sekedar tempat wisata Reviewed by Steven on May 10, 2016 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.