Recent Posts

Membuat Game (part 1)



Jadi, kalian ingin membuat game, well, to tell you the truth, I’m no expert, tapi berdasarkan pengalamanku membuat skripsi tentang game dan menghabiskan banyak research dari buku-buku dan website, aku akan share sedikit 12 hal penting yang harus kita perhatikan ketika membuat game. Aku cukup yakin apabila game kita bisa memiliki sebanyak mungkin unsur dari 12 hal ini, maka game kita akan sangat menarik untuk dimainkan. 

Sebelum kita mulai, aku ingin sedikit memberikan gambaran mengenai game. Game sudah berubah fungsinya dari hanya sekedar hiburan menjadi suatu kegiatan yang bisa kita lakukan yang tidak bisa kita lakukan di dunia nyata. GTA V adalah salah satu contohnya, menurutku itulah mengapa game tersebut memecahkan rekor masuk ke jajaran game paling laris sedunia. Konsep open worldnya yang dibuat semirip mungkin dengan dunia nyata membuat kita bisa melakukan hal-hal yang tidak mungkin bisa kita lakukan dalam kehidupan kita sehari-hari. 

So let’s start. Dalam membuat game, hal yang paling sulit adalah bagaimana menyeimbangkan sebuah game, memastikan bahwa game kita tidak terlalu sulit dan juga tidak terlalu mudah. Mungkin kalian sudah punya tema gamenya, sudah punya konsep, teknologi, tim, skenario, dll. Tapi kalian pasti harus melewati proses Game Balancing. Kita hanya bisa tahu kalau game kita sudah benar-benar seimbang hanya dengan melakukan testing berulang-ulang. Inilah 12 hal yang harus diperhatikan ketika membuat game dan menyeimbangkannya. 

1. Fairness 
Symmetrical Games 
Seperti yang sudah saya sampaikan di atas, bahwa game kita tidak boleh terlalu sulit, kita harus memastikan bahwa game kita bisa diselesaikan, maka fairness adalah poin penting. Solusi yang bisa kita tawarkan adalah dengan menciptakan game yang simetris, yang artinya adalah kita memberikan resources yang sama kepada semua pemain (cth : catur, monopoli, permainan olah raga seperti sepak bola, basket, dll). Game simetris adalah pilihan terbaik untuk menentukan mana pemain yang lebih baik karena kondisi permainan pada awal adalah sama, maka yang membedakan hanyalah skill dan strategi masing-masing pemain, dan terkadang sedikit keberuntungan. 

Asymmetrical games 
Pilihan kedua adalah menciptakan game yang asimetris, memberikan masing-masing pemain resources dan kemampuan yang berbeda-beda. Kalau memang ini menjadi pilihan kita, maka kita memilik tugas yang sangat besar untuk menyeimbangkan game kita ke depannya. Beberapa alasan kenapa tipe ini lebih dipilih adalah : 
1. Untuk mensimulasikan dunia nyata. Kalau game kita ingin menciptakan situasi dunia nyata maka tentu tidak cocok jika menggunakan symmetrical game, karena konsep dunia nyata tidak simetris. 
2. Memberikan pemain cara lain untuk mengeksplor dunia game. Eksplorasi mungkin adalah salah satu kesenangan dalam dunia game. Konsep ini menawarkan pemain untuk memainkan game yang sama dengan resources dan power yang berbeda-beda. Contohnya adalah game fighting seperti Tekken di mana disediakan berbagai karakter dengan kemampuan yang berbeda-beda. Setiap karakter membutuhkan strategi sendiri-sendiri, dengan ini kita sudah mengubah 1 game menjadi banyak game. 
3. Personalisasi. Pemain yang berbeda akan membawa skill yang berbeda terhadap sebuah game. Konsep ini menawarkan pemain pilihan resources dan power yang paling sesuai dengan skill sang pemain. Dengan konsep ini sang pemain bisa memainkan game berdasarkan skill terbaik mereka. (the thing they are best at) 
4. To level the playing field. Terkadang lawan kita memiliki skill yang jauh berbeda. Contohnya adalah game Pacman. Pacman akan menjadi game simetris jika yang mengejar Pacman hanya 1 ghost bukan 4 ghost. Tapi jika hanya 1 ghost maka pemain akan menang dengan mudah karena human player bisa dengan mudah menghindari sebuah computer controlled dalam hal navigasi. Tapi untuk menghindari 4 computer controlled ghost dalam waktu yang bersamaan memberikan keseimbangan dan memberikan komputer kesempatan untuk mengalahkan si pemain. 
5. To create interesting situations. Konsep ini menawarkan pemain menemukan strategi yang tepat untuk memenangkan permainan. Pemain akan menjadi sangat penasaran apakah setiap cara memiliki keuntungan dibandingan cara yang lain. Pemain akan menghabiskan waktu yang cukup banyak untuk memutuskan apakah game ini benar-benar fair. Sebagai contoh adalah board game bernama Bhaga Call, meskipun aku belum pernah memainkannya, namun menurut sumber yang ku baca, game ini menawarkan resources yang berbeda dan juga goal yang berbeda. Satu pemain mengendalikan 5 harimau dan pemain lain mengendalikan 20 kambing. Pemain harimau menang ketika berhasil memakan 5 kambing, sementara pemain kambing menang ketika berhasil memposisikan kambing-kambing sedemikian rupa sehingga harimau tidak bisa bergerak. Beberapa pemain pemula menghabiskan banyak waktu mendiskusikan apakah masing-masing pilihan memiliki keuntungan terhadap satu sama lainnya dan memainkan game ini berulang-ulang untuk menemukan strategi terbaik. (Jadi teringat, skripsi ku dulu memiliki unsur ini) 

Salah satu cara menyeimbangkan game dalam asymmetrical game adalah dengan memberikan angka-angka. Hitungan matematis akan bekerja di sini, memastikan bahwa setiap angka yang dimiliki setiap pemain/elemen adalah sama. Sebagai contoh mungkin adalah Angry Birds Go, sebuah konsep balapan di mana setiap mobil memiliki skill yang berbeda-beda, ada 1 mobil yang nilai speednya tinggi tapi manuvernya kecil, ada yang manuvernya tinggi tapi speednya rendah. 

Konsep batu, gunting, kertas juga bisa menjadi solusi sendiri. Konsep ini menawarkan satu hal memiliki kelebihan terhadap hal lainnya dan saling mengalahkan. Batu menghancurkan gunting, gunting memotong kertas, kertas membungkus batu. Jadi konsep ini menawarkan bahwa setiap elemen game memiliki kekuatan dan kelemahan. Game fighting sekali lagi menjadi contohnya dimana memastikan setiap petarung yang dipilih oleh pemain bisa dikalahkan. 

Jadi, beberapa yang harus ditanyakan terhadap game kalian adalah : 
• Apakah game saya harus simetris? Mengapa? 
• Apakah game saya harus asimetris? Mengapa? 
• Mana yang lebih penting : apakah ingin menentukan mana pemain yang lebih baik? Atau ingin memberikan tantangan terhadap semua pemain? 
• Jika ada pemain dengan skill level yang berbeda-beda ingin main bersama, apa yang harus aku lakukan untuk membuat game tersebut menarik dan menantang untuk semua pemain?
Membuat Game (part 1) Membuat Game (part 1) Reviewed by Steven on March 08, 2014 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.